SIMULASI MEDIA CENTER PADA BIMTEK PADANG

Padang (15/3). Peningkatan Kapasitas Pelaku Kebencanaan ditingkat daerah terus dilakukan dalam rangka kesiapsiagaan perangkat daerah menghadapi bencana di Provinsi Sumatera Barat. BNPB melalui Pusat Data Informasi dan Humas menyelenggarakan bimbingan teknis Data, Informasi dan Humas Kebencanaan BNPB di Hotel Royal Plaza, Padang mulai tanggal 13 – 16 Maret 2014. Kegiatan yang diikuti sebanyak 50 (lima puluh) orang dari lingkup BPBD Provinsi, Kabupaten dan Kota beserta unsur SKPD terkait di Sumatera Barat ini, juga dalam rangka mendukung kesiapsiagaan personel yang terlibat pada Mentawai Megatrust Disaster Exercise (MMDirex) 2014.

Kegiatan bimbingan teknis ini disampaikan pula sosialisasi Perka BNPB No. 8/2011 tentang Standardisasi Data Kebencanaan, Perka No. 7/12 tentang Pedoman Data Informasi Bencana Indonesia, Perka No. 15/2012 tentang Pedoman Pusdalops PB dan Perka 8/2013 tentang Pedoman Media Center. Berdasarkan peraturan tersebut para peserta dibimbing untuk pemahaman proses pengelolaan data dan informasi bencana, pemahaman unit yang beroperasi selama 24/7 serta penulisan berita dalam situasi tanggap darurat bencana. Para peserta juga diajarkan untuk memanfaatkan alat komunikasi darurat bencana hingga menuangkan dalam bentuk laporan pada unit simulasi media center tanggap darurat bencana. Pada simulasi ini para peserta di bagi menjadi 2 (dua) kelompok, yang berada di Indarung Semen Padang selaku petugas pengumpul data dilapangan dan Hotel Rocky sebagai Posko Media Center.

Selain dari unsur BPBD Provinsi, Kabupaten dan Kota di Sumatera Barat juga diundang dari Dinas Komunikasi dan Informatika, TNI / Polri, Dinas Sosial, Dinas Kesehatan dan Badan SAR Sumbar. (To) 

Related posts