Ketua MPR dan Komisi 8 DPR Tinjau Penanganan Bencana Gempa Aceh

MEUREUDU – Ketua MPR Zulkifli Hasan dan Komisi 8 DPR RI tinjau penanganan bencana gempa Aceh, Minggu (18/12). Peninjauan dilakukan dengan mengunjungi posko tanggap darurat dan lokasi pengungsian serta melihat langsung proses pembersihan puing bangunan di Kabupaten Pidie Jaya.

Ketua MPR Zulkili Hasan mengatakan bahwa tujuan kunjungan kerja ke Aceh adalah untuk melihat langsung pananganan bencana gempa Aceh dan apa saja yang bisa diberi perhatian dan bantuan. Disela kunjungan Ketua MPR berkesempatan memberikan bantuan berupa 400 selimut dan genset.

“Sepanjang keliling Kabupaten Pidie Jaya saya melihat penanganan yang sangat baik dan saya sungguh memberikan apresiasi kepada pemerintah yang sudah mengambil langkah-langkah yang cepat penanganan bencana terutama kepada Presiden Jokowi yang sudah dua kali ke Aceh. Presiden telah memberikan contoh baik bagaimana cepat dan tanggap dalam mengatasi bencana ini. Tak lupa terima kasih kepada TNI, Polri dan BNPB yang sudah cepat dan tanggap dalam mengatasi bencana ini,” ujar Ketua MPR.

Penanganan bencana Aceh dibagi kedalam 8 klaster nasional yaitu klaster pengungsi, ekonomi, pemulihan dini, sarana dan prasarana, pendidikan, kesehatan, logistik dan pencarian dan penyelamatan dimana masing-masing klaster ditunjuk K/L terkait sebagai penannggungjawab.

Giat penanganan bencana hari ini berdasarkan laporan harian satgas SAR dan kesehatan adalah  pembersihan puing-puing rumah dan pelayanan kesehatan. Pembersihan puing dilakukan di Desa Prade dan meunasah Desa Umbue Kab. Pidie Jaya sedangkan pelayan kesehatan di Desa Lancang Paru Kab. Pidie Jaya menangani 124 pasien dengan keluhan terbanyak adalah ispa dan gatal-gatal serta 1 orang suspek kusta yang membutukan penanganan khusus. 

Sutopo Purwo Nugroho
Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas BNPB

Related posts