Gunung Gamalama Kembali Meletus

Gunung Gamalama yang berada di Kota Ternate, Maluku Utara kembali meletus pada Senin (22/12), pukul 17.30 WITA. Letusan disertai abu setinggi 100 m dengan hembusan angin ke arah timur, tenggara dan selatan. Status masih 'Siaga'. Berdasarkan laporan petugas Pos Pengamatan Gunung Gamalama, letusan muncul dari retakan tahun 2011. Foto letusan dapat diunduh pada twitter @sutopo_bnpb. Kota Ternate masih diselimuti abu vulkanik. 

Sistem peringatan dini sudah berjalan dari pos pantau-pos tanggap darurat-BPBD-kelurahan, melalui frekuensi radio. Pemerintah daerah melaporkan Tidak ada kepanikan dan masyarakat beraktivitas secara normal.

Abu letusan menimbulkan beberapa masalah, seperti penutupan bandara. Pembersihan bandara dan jalan masih dilakukan oleh otoritas bandara, pemadam kebakaran, dinas kebersihan sampai pukul 17.30 WIT. Sementara itu, 
Balai Teknik Penyehatan Lingkungan dan Dinas Kesehatan sedang melakukan uji kualitas udara di sekitar alun-alun kesultanan.

Secara umum kewaspadaan instansi dan peran komando tanggap darurat dirasa cukup responsif. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Ternate telah membagikan 55 ribu lembar masker kepada masyarakat. Stok masker di BPBD dan Dinas Kesehatan tinggal 3.000 lembar. Pemerintah daerah masih membutuhkan bantuan masker.

Walikota Ternate menetapkan status 'Siaga Darurat' erupsi Gunung Gamalama dari tanggal 18 - 31 Desember 2014. Sebanyak 18 titik pengungsian telah disiapkan.

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) merekomendasikan bahwa di dalam radius 2,5 km masyarakat dilarang melakukan aktivitas. 

Sutopo Purwo Nugroho
Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB

Related posts