3 WARGA KERJA BAKTI TERTIMBUN LONGSOR

Tanah longsor kembali terjadi di Sukabumi pada Sabtu (14/12) pukul 17.00 Wib. Di saat hujan, 7 orang warga melakukan kerja bakti memperbaiki saluran irigasi di RT 19, RW 06 Kp. Citamin, Desa Tangkil, Kecamatan Cidahu, Kab. Sukabumi, Jawa Barat. Tiba-tiba tebing saluran longsor dan menimbun 3 orang, sedangkan 4 orang dapat menghindari longsor. 

Aparat TNI, BPBD, relawan dan masyarakat segera melakukan pencarian korban yang tertimbun longsor. Ketiga korban sudah ditemukan dari timbunan longsor. Satu orang meninggal di tempat setelah dapat ditemukan yaitu Duloh (50, L). Satu orang meninggal di perjalanan saat dibawa ke rumah sakit yaitu Barokah (45, L) dan satu orang luka berat yang saat ini dirawat di RS Medicare Cijeruk (Aos, 45, L). Dengan demikian korban 2 meninggal, 1 luka berat dan 4 selamat. 


Lokasi longsor adalah lokasi yang pernah longsor sebelumnya. Beberapa upaya sudah dilakukan seperti pembangunan bronjong namun belum memadai karena luasnya daerah rawan longsor. BPBD Kab. Sukabumi dan anggota Muspika sedang melakukan Koordinasi untuk memberikan bantuan kepada keluarga korban.


Di Kab. Sukabumi banyak daerah yang rawan longsor. Bahkan pada bulan Desember 2013 hingga Januari 2014 diprediksikan beberapa wilayah di Sukabumi berpotensi rawan tinggi dari longsor seiring dengan meningkatnya hujan. Warga yang beraktivitas di daerah lereng perbukitan hendaknya memperhatikan lingkungan setempat. Apalagi jika hujan hendaknya tidak melakukan aktivitas penggalian disekitar lereng karena berbahaya. Hal serupa pernah terjadi Desa Kutajaya, Kabupaten Sukabumi pada September lalu (24/9) dimana 2 pekerja galian tewas tertimbun longsor setinggi 15 meter saat memperbaiki saluran air.


Info lanjut hub. Usman (BPBD Sukabumi) 085863856678


Sutopo Purwo Nugroho

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB

Related posts